Aktivitas Menemukan Bakat

Untuk menemukan bakat, kita dapat menelusuri dari sebuah aktivitas. Tentunya, selain menggunakan pertanyaan yang mungkin sudah Anda baca, di bagian sebelumnya. Di bawah ini, kiat dasar menemukan dan mengembangkan bakat kita, dengan melakukan kegiatan:

kaca-pembesar-penemu-bakat

1) Buatlah daftar aktivitas kesukaan masa kecil.

Penelitian membuktikan ada banyak manfaat dalam permainan. Oleh karena itu, Anda pun dapat memetik inspirasi dari masa kecil Anda. Sambil mengingat-ingat kembali masa kecil Anda, tuliskan apa saja yang Anda sukai kerjakan waktu itu. Menulis memang banyak manfaatnya. Menulis dalam hal ini, menjadi perekam jejak keberbakatan. Menulis, memampukan Anda untuk menelusuri kisah pribadi.

Sambil menulis, tanyakan kepada diri sendiri, apakah ada hal-hal dari masa kecil yang masih mampu Anda kerjakan sekarang? Adakah pengaruh dari masa kecil Anda itu, atas pilihan pendidikan/karier yang saat ini Anda tempuh?

Jika Anda ingin merasakan lebih kuat pengalaman di masa kecil. Mungkin saja Anda sempat lupa bagaimana persisnya Anda dulu saat kecil. Saran terbaiknya, ialah dengan berupaya sepersis mungkin untuk melakukan apa yang dulu Anda lakukan saat masih kecil. Bermain-mainlah kembali. Pergilah ke tempat yang Anda sering datangi saat kecil. Jika mungkin, temui kembali teman karib di masa kecil. Nikmati keseluruhan aktivitas ini. Dan ingatlah, untuk membuat catatan dari “reuni” yang Anda jalani tadi.

Pasti, dari catatan itu, Anda dapat temukenali kembali, bakat dan kekuatan (passion) pribadi.

 

2) Buatlah daftar tokoh inspiratif.

Setiap kita pasti memiliki sosok “pahlawan”. Entah dalam kriteria apa pun. Dengan berkaca pada beliau, sesungguhnya Anda dapat mengenali ketertarikan Anda pada sesuatu, yang mungkin beliau juga sukai. Lebih dari itu, poin ini mengajak kita untuk mencari dan menemukan sebanyak mungkin, sedetail mungkin, informasi mengenai para “guru” yang telah sukses di bidang yang ingin Anda tekuni. Pelajari sejarah hidupnya. Pelajari kisah sukses dan kegagalannya. Pelajari pula, apa dan siapa yang memberi pengaruh dalam hidup  beliau.

Kemudian, gunakan topi detektif untuk mencari tahu dan mempelajari sikap, strategi, dan kiat yang beliau gunakan hingga mampu berhasil. Terakhir, bangunlah sebuah struktur untuk meneladani jejak mereka. Mengenai proses meneladani, kapan waktu nanti, akan saya uraikan lebih khusus. Tapi saat ini, Anda sudah dapat mulai meniru dari rekam jejak para tokoh yang Anda teladani. Tiru dan perbaiki, setiap hari.

 

3) Bebaskan diri Anda, dari beragam rencana.

Apa yang akan Anda kerjakan, ketika Anda dapat hari libur?

Apa yang akan Anda perbuat, saat waktu luang benar-benar Anda miliki?

Apa yang akan Anda lakukan, pada momen-momen senggang?

Menjawab pertanyaan di atas, Anda dapat mengisinya dengan berbagai respon spontan perihal bakat Anda. Ayolah, kapan terakhir kalinya Anda menggunakan bakat Anda? Kapan lagi, Anda dapat mencurahkan keseluruhan waktu dan energi, pada satu aktivitas yang Anda tunggu-tunggu untuk kerjakan?

Ingat! Prinsip dasar dari saran nomer tiga ini, ialah benar-benar mencurahkan waktu, energi, dan pikiran Anda pada satu pusat kegiatan bermanfaat. Dan, dari situlah, mudah bagi Anda untuk menemukan ulang, bibit dari kekuatan pribadi, yang bernama bakat/passion.

 

Di atas, ialah tiga kiat yang dapat Anda gunakan untuk menemukan kembali bakat/passion. Sekiranya Anda menikmati sensasi dari memulai kembali sebuah bakat, tentu itu hal yang takdapat dielakkan.

Oh ya, seandainya Anda menemukan kiat atau cara lain, untuk membantu sesama menemukan bakat/passionnya. Silakan tuliskan dalam komentar di bawah. Dengannya, Anda pun turut menemukan kebahagiaan karena telah membantu sesama. Dia yang membantu sesama untuk bahagia, pasti menjadi pihak pertama yang memperoleh kebahagiaan.

Semoga berbahagia, karena menemukan kembali bakat/passion pribadi.

One thought on “Aktivitas Menemukan Bakat

  1. Pingback: Menatap Sang Teladan | Berbakat Jadi Hebat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s