Jika Anda Alami Kemandegan, Beralihlah

Kita semua mengerti, bagaimana rasanya. Anda mempelajari kemahiran baru, mengalami kemajuan beberapa pesat selama beberapa saat. Lalu, tiba-tiba saja… Anda berhenti. Momentum itu disebut plato. Apa yang terjadi?

Plato terjadi saat otak Anda mencapai tingkat otomatis. Dengan kata lain, saat di mana Anda mampu menampilkan kemahiran dengan autopilot, dengan tidak berpikir lagi. Otak kita sangat menyukai autopilot, karena hal ini benar-benar berguna dalam kebanyakan situasi. Ia membiarkan kita menjawab sms dengan cepat, mengendarai sepeda tanpa harus berpikir bagaimana caranya. Autopilot membebaskan otak kita untuk mengerjakan hal-hal yang lebih penting. Bagaimana pun, bila sudah berkaitan dengan pengembangan bakat, autopilot  adalah musuh, karena ia menciptakan plato.

Lantas, solusinya?

Dr. K. Anders Ericsson, profesor psikologi dari Florida State University melakukan riset yang menunjukkan cara terbaik untuk melewati plato. Yaitu dengan mendorong diri Anda melintasi plato itu; dengan mengubah metode latihan sehingga autopilot Anda terganggu dan membangun kembali jalur kemahiran yang lebih cepat dan lebih baik. Satu-satunya cara adalah dengan menambah kecepatan –dengan memaksa diri Anda untuk melakukan sesuatu lebih cepat dari biasanya. Atau, memperlambat semuanya –sedemikian lambatnya hingga Anda mampu mendeteksi keslahan yang sebelumnya tidak terdeteksi. Atau, Anda bisa mengerjakan tugas Anda dengan urutan terbalik, dari luar-ke-dalam, atau dari atas-ke-bawah.

Teknik apa pun yang Anda gunakan tidak masalah, sepanjang Anda dapat menemukan cara untuk melepaskan diri dari autopilot dan masuk ke titik penggapaian tertinggi Anda. Selamat berlatih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s