Myelin: Ilmu baru dalam pengembangan bakat

Sebuah penjelasan singkat tentang MYELIN

Sebagian besar riset terbaru tentang bakat mengungkap peran otak, khususnya zat yang disebut myelin. Dalam “Little Book of Talent”, Daniel Coyle menuliskan hal-hal berikut, yang perlu Anda ketahui.

Myelin merupakan sebuah insulator. Istilah ini mengacu pada fungsinya yang membalut jaringan otak kita dengan cara persis seperti selotip yang membungkus kabel listrik. Myelin menyebabkan sinyal bergerak lebih cepat serta mencegahnya agar tidak bocor. Selama sekitar seratus tahun terakhir, para ilmuwan menganggap myelin dan sel-sel yang terkait dengannya tidak aktif. Bagaimana pun, ia terlihat seperti penyekat, dan tidak tampak bereaksi terhadap apa pun.

Hanya saja para ilmuwan terdahulu itu salah. Ternyata myelin bereaksi: pertumbuhannya terjadi akibat adanya aktivitas. Yaitu latihan! Bahkan hasil penelitian menunjukkan bahwa myelin tumbuh seiring dengan banyaknya waktu yang digunakan untuk berlatih. Sistemnya sederhana, bisa dibayangkan seperti ini: Setiap kali Anda melakukan pengulangan, otak Anda menambahkan lapisan myelin ke jaringan-jaringan tertentu. Semakin sering Anda berlatih, semakin banyak pula lapisan myelin yang Anda peroleh, sinyal yang terkirim pun semakin cepat dan akurat. Dengan demikian, kemahiran yang Anda dapatkan juga semakin banyak.

lapisan-myelin

“Apa yang dilakukan oleh atlet yang baik, ketika mereka melakukan latihan?” tanya Dr. George Bartzokis, profesor ahli syaraf di UCLA. “Mereka mengirimkan dorongan yang tepat di sepanjang jaringan yang memberikan sinyal untuk melapisi jaringan tersebut dengan myelin. Setelah latihan selesai, mereka memiliki jaringan yang sangat hebat. Begitu banyak bandwith, sebuah saluran T-3 berkecepatan tinggi. Itulah yang membedakan mereka dari kita.”

Beberapa fakta lain yang layak kita ketahui:

  • Tindakan adalah hal yang sangat penting. Myelin tidak tumbuh ketika Anda berpikir mengenai berlatih. Ia tumbuh ketika Anda benar-benar berlatih: ketika Anda mengirimkan arus listrik melalui jaringan (otot) Anda.
  • Myelin melapisi, tidak membuka lapisan. Seperti halnya mesin pengaspal jalan, pelapisan myelin juga terjadi satu arah. Begitu satu jalur kemahiran disekat, Anda tidak bisa membuka sekat tersebut (kecuali karena usia atau penyakit). Inilah yang menyebabkan kebiasaan sulit dihilangkan.
  • Anda bisa menambah lapisan myelin sepanjang hidup Anda. Ia muncul melalui serangkaian gelombang yang terjadi selama masa kanak-kanak, menciptakan periode belajar yang kritis. Jumlah myelin mencapai puncaknya di sekitar usia lima puluh tahun, namun demikia myelin terus bekerja hingga usia lanjut. Itulah yang membuat kita tetap dapat mempelajari hal-hal baru berapa pun usia kita.

myelin-mekanisme

Banyak penelitian yang mengaitkan latihan dengan pertumbuhan myelin serta peningkatan prestasi pada berbagai kemahiran, seperti: membaca, perbendaharaan kata, musik, dan olahraga. Riset yang dilakukan memang masih berada pada tahap awal, tapi tampaknya ia semakin dekat untuk merumuskan-ulang ungkapan lama ini: Latihan tidak menghasilkan kesempurnaan. Tapi ini… “Latihan menghasilkan myelin, dan myelin menghasilkan kesempurnaan.” 

Untuk informasi lebih lengkap, teruskan membaca blog ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s