Pilih Kesederhanaan Bukan Kemewahan

Kita suka akan kenyamanan. Kita menyukai fasilitas latihan yang modern, kantor di sudut gedung dengan panel kayu, ruang loker yang bersih tanpa noda, dan handuk yang lembut. Ini patut disayangkan, karena kemewahan adalah racun bagi motivasi: Ia memberi isyarat pada pikiran bawah-sadar Anda agar mengurangi usaha. Dia membisikkan, “Santai saja, kau sudah berhasil”.

kursi-tua-old-chair

Pusat-pusat persemaian bakat sama sekali bukan tempat yang mewah. Malah sebaliknya. Sekolah-sekolah paling berprestasi di dunia –yang berada di Finlandia dan Korea Selatan, yang selalu menduduki peringkat teratas pada Program Penilaian Siswa Internasional– menggunakan ruang-ruang kelas yang kaku, yang terlihat tidak pernah berubah sejak 1950-an.

Inti dari kiat ini bersifat neural (berkaitan dengan otak), bukan moral. Ruang yang sederhana dan tidak mencolok membantu seseorang dalam memusatkan perhatiannya pada latihan yang tengah dia lakukan: berusaha, mengulang, dan berjuang. Jika Anda diberi kesempatan untuk memilih antara kemewahan dan kesederhanaan, pilihlah kesederhanaan. Pikiran bawah-sadar Anda akan berterima kasih pada Anda.

(sumber: “Little Book of Talent”)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s